PELAKSANAAN SURVEY HASIL PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI DAN ZONA INTEGRITAS (SHPRB ZI) DARI KEMENTERIAN PAN DAN RB

Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 telah merumuskan tiga sasaran Reformasi Birokrasi yaitu :

  1. Birokrasi yang bersih dan akuntabel
  2. Birokrasi yang kapabel
  3. Pelayanan Publik yang prima.

Keberhasilan atas pencapaian ketiga sasaran RB ini perlu di ukur melalui Evaluasi Reformasi Birokrasi sesuai dengan Permen PANRB Nomor 26 tahun 2020 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

Penilaian dalam Evalausi RB terdiri dari dua komponen yaitu komponen pengungkit (proses) dan komponen hasil.  Dimana komponen hasil dalam evaluasi RB memerlukan nilai dari hasil survey eksternal atas “ Persepsi Kualitas Pelayanan Publik (IPKP)” dan survey eksternal atas “ Persepsi Anti Korupsi (IPAK)” yang saat ini sedang dilakukan oleh KPK bersama mitranya.

Survey eksternal ini juga dapat digunakan untuk menilai komponen hasil dalam Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani sesuai Permen PANRB Nomor 10 Tahun 2019.

Tujuan Pelaksanaan Survey ini :

  1. Memberikan gambaran kualitas pelayanan publik secara umum untuk setiap K/L, Pemprov/Pemkab/Kota serat unit kerja ZI melalui Indeks Persepsi Kepuasan Pelayanan Publik (IPKP)
  2. Memberikan gambaran perilaku anti korupsi secara umum pada setiap K/L, Pemprov, Pemkab/Kota serta Unit kerja ZI melalui Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK).

Responden survey adalah masyarakat pengguna layanan public dan/atau stakeholder yang telah selesai menerima pelayanan dari unit pelayanan. Responden survey diutamakan pengguna layanan yang baru selesai menerima pelayanan saat survey dilaksanakan (On The Spot) atau telah selesai menerima layanan dalam jangka waktu maksimal 2 bulan ke belakang. Jumlah responden yang di input dalam aplikasi ditargetkan sebanyak 100 responden untuk setiap unit yang mengajukan ZI dan 100 responden untuk setiap IP yang di evaluasi RB.

Pelaksanaan survey menggunakan metode self enumerator  yaitu responden mengisi sendiri kuesioner yang telah disiapkan dalam aplikasi. Penerima layanan yang telah di input datanya oleh petugas akan menerima tautan (link) melalui email atau pun pesan pendek yang dikirim ke alamat nomor yang telah didaftarkan.

Masing masing unit kerja yang akan disurvey baik untuk keperluan RB maupun ZI akan menerirma akun untuk mengakses aplikasi SHPRBZI  (aplikasi survey Kemen PANRB). Unit kerja yang telah mendapatakan akun dapat mengakses aplikasi melalui laman website https://shprbzi.menpan.go.id

Unit Kerja yang telah login kedalam aplikasi SHPRBZI ini bertugas menginput data responden survey, berupa nama lengkap, No HP, No WA, email (optional), produk/jenis layanan. (DK)