PENCANANGAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA

Ranai (06/07/21) Salah satu wujud komitmen pemerintah daerah untuk memperbaiki kualitas pelayanan, integritas dan akuntabilitas layanan publik adalah melalui penerapan Wilayah bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Pencanangan pembangunan Zona Integritas diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penerapan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Keberhasilan Pembangunan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing- masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi, di mana individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi, di mana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya. Sebagaimana diketahui bersama bahwa  zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) melalui reformasi Birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan Peningkatan kualitas Pelayanan Publik.

Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Selaras dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Natuna melaksanakan Kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Kabupaten Natuna pada hari senin (05/07/2021) bertempat di  Gedung Darma Wanita Kabupaten Natuna.  Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati dan wakil bupati Natuna, Forum Komunikasi Perangkat daerah, kepala Dinas/ Badan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, KNPI, GOW, LAM dan STAI Natuna. Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan Penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas oleh Bupati Natuna, Wakil Bupati Natuna, Ketua DPRD Natuna, Kapolres Natuna, kajari Natuna, Ketua KNPI Natuna, Ketua GOW Natuna, Ketua LAM Natuna, Ketua KADIN Natuna dan Ketua LAM Natuna. Dalam Pidatonya, Bupati Natuna Wan Siswandi,S.Sos, M.Si menyampaikan  dengan tegas bahwa Pencanangan Zona Integritas ini merupakan upaya penting kita bersama, karena memcerminkan tekad dan komitmen kita bersama untuk menjadikan Pemerintah Kabupaten Natuna menjadi Zona Berintegritas. Bupati natuna juga mengajak semua Pihak untuk saling memberikan dukungan dan bersinergi dalam melaksanakan tugas untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari korupsi dan Wilayah bersih dan Melayani. Diakhir acara Bupati Natuna menyatakan, dengan mengucapkan “BISMILAHHIRAHMANNIRAHIM, PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA, DENGAN INI SAYA SAYA CANANGKAN”. Mengakhiri sambutan beliau, Bupati Natuna membacakan sebait pantun untuk semua undangan yang hadir :

Pergi berlayar ke pulau Serasan

Pulaunya Indah penuh pesona

Zona integritas sudah dicanangkan

Saatnya tunjukan komitmen bersama.

Pidato Bupati Natuna Pencanganan Pembangunan Zona Integritas

Harapannya dengan Pembangunan Zona Integritas bukanlah menjadi slogan semata, melainkan bukti nyata keseriusan dan komitmen dari segenap Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Natuna guna mewujudkan tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).