Kunjungan ke Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul

Dalam rangka konsultasi tentang Reviu dan Evaluasi atas implementasi SAKIP OPD, Inspektorat Kabupaten Natuna melaksanakan kunjungan ke Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul Rabu (9/5). Rombongan yang terdiri dari 3 orang dipimpin oleh Amhar Edisar Marwan, SH (Auditor Ahli Muda) dan diterima oleh Hermawan Setiaji, SIP, MH, Sutanta, S.Sos Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul serta didampingi oleh Irban Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Auditor maupun P2UPD.

LAKIP/LKJ di Inspektorat Kabupaten Natuna baru disusun 1 tahun yang lalu sehingga masih perlu belajar reviu maupun audit dari teman sejawat, auditor jumlahnya masih sedikit yaitu 7 orang dan belum mempunyai Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah (P2UPD).

Drs. Nugroho Wisnubroto (Auditor Madya) menyampaikan bahwa Reviu LKJ sudah menjadi kegiatan rutin tahunan oleh Inspektorat Daerah Kabupaten Bantul. Kegiatan diampu oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bantul melalui ESAKIP, Inspektorat terlibat di dalamnya tekait evaluasi kinerja. Hasil evaluasi kinerja tahun ini nilai rata – rata antara 80 – 90.

Pencapaian sekarang ini merupakan komitmen bersama dan telah ditargetkan oleh Bupati Bantul, oleh sebab itu semua OPD telah berupaya semaksimal mungkin untuk pencapaian kinerja sebagaimana yang telah ditargetkan, demikian disampaikan Hermawan Setiaji, SIP, MH. Inspektur Kabupaten Bantul. Dalam perencanaan, Kabupaten Bantul telah menggunakan e budgeting melalui aplikasi SEPAKAT sehingga dapat mengurangi beban kerja OPD khususnya APIP. Dengan menggunakan e budgeting maka reviu RKA tidak diharuskan karena semua dapat dikontrol melalui e budgeting.